Wednesday, November 03, 2004

Susahnya Jadi PNS

Minggu-minggu ini, di daerahku, mungkin juga di Indonesia, lagi rame-rame penerimaan PNS baru. Kesempatan emas bagi mereka yang ingin menjadi abdi negara. Iseng-iseng aku ikut juga. Nambah pengalaman kerja : cari kerja.
Persyaratan yang dibutuhkan terkesan sepele : ktp, ijasah, kartu pencari kerja, foto. Bagi mereka yang pekerjaannya adalah mencari kerja, dokumen-dokumen tersebut tentu sudah ditangan, tinggal kirim, daftar, beres.
Nah istriku neh, kebetulan juga pengin jadi PNS, ingin ikut-ikutan daftar, tanpa memiliki semua dokumen tersebut. Ternyata, untuk mengurus dokumen tersebut pun.. perlu perjuangan ekstra berat. Mulai dari penyiapan pas foto terbaru, istriku pengin tampil sempurna, terpaksa pinjem baju kakak (jadi malu....), salon rias...wuih... ribet deh.
Selesai urusan foto, iseng-iseng lihat KTP, eh ternyata statusnya belum diupdate : masih lajang, lagi-lagi, karena pengin sempurna, diurus tuh KTP di Kecamatan, agar statusnya berubah : kawin. Nah untuk ngurus KTP aja.... susahnya minta ampun : harus ada surat dari RT, terus di Kelurahan, baru di Kecamatan. Enggak berhenti sampai disini, setelah KTP jadi, harus di fotokopi lagi, trus dilagalisasi...... ampun, capek banget. Pelajaran 1.
Pelajaran 2 :legalisasi ijasah (istriku menggunakan ijasah SMA). Antri lagi, ternyata temen seangkatan dia banyak juga yang tertarik jadi PNS (bakal nambah saingan...). Step ini dilalui dengan agak ringan, pihak SMA alhamdulillah bersikap cooperatif, thanks.
Pelajaran 3 = kasus terberat : membuat kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja kabupaten. Masya Alloh.... tidak mungkin dimuat dengan kata-kata. Ribuan orang pelamar, dengan 1 urusan, dan hanya sedikit pelayan. Perang, perang, perang!
Masih belum kapok : Pelajaran 4. Daftar di Pemda. Capek.
Hasilnya...
Kabarnya harus bayar 40 jt! untuk jadi PNS. Sakit.

2 comments:

cikubembem said...

sabar..sabar... negara kita memang aneh kok. korupsi dimana-mana euy...

Anonymous said...

hari gini masih sogok sogokan?
ga ada mas..